Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Budaya Potong Jari, Tradisi Beberapa Suku di Papua

Pulau Papua adalah salah satu pulau di timur Indonesia yang memiliki keragaman suku dan kalian tahu tidak, terdapat 200 lebih suku pribumi yang tersebar di seluruh daratan rendah dan tinggi bumi cenderawasih ini, setiap suku sesuai dengan letak wilayahnya masing-masing memiliki keunikan budaya sendiri-sendiri.

Satu dari banyak budaya yang tidak semua orang ketahui adalah tradisi potong jari, mungkin anda bingung kenapa masyarakat disana kok punya budaya seperti ini.
 
Tradisi potong jari merupakan salah satu tradisi yang biasa di lakukan oleh beberapa suku yang mendiami  dataran tinggi Papua, budaya potong jari ini di lakukan atas kesadaran dan permintaan orang yang mau di motong jarinya itu jadi tidak atas paksaan orang lain untuk mengespresikan keadaan hatinya.

Alasan jari di potong 

Pada umumnya masyarakat yang biasa melakukan tradisi ini untuk mengungkapkan perasaan duka yang paling dalam atas meninggalnya orang-orang yang paling di kasihi, dengan memotong jari mereka menunjukkan bahwa telah kehilangan seseorang yang paling dekat dengan mereka, entah itu anak, orangtua, adik-kaka, keluarga atau siapapun itu yang di anggap paling dekat dengan mereka.

Setiap kali orang dekat mereka meninggal biasanya di potong salah satu jari kemudian kalau ada yang meninggal lagi maka jari yang lain lagi di potong, jadi orang baru dapat mengetahui berapa orang yang di kasihi telah meninggal dengan melihat jari-jari yang di potong tapi dengan cara ini tentu saja tidak pasti jadi anda langsung bertanya kalau ingin mengetahui ceritanya.

Jari menunjukan kebersamaan, kekeluargaan, kerja sama, kesetian jadi makna lain dari memotong jari merupakan hilangnya kebersamaan serta kekeluargaan dan menunjukan kalau tidak akan pernah kembali lagi seperti waktu masih hidup bersama yang ada canda tawa dan lainnya. 

Perkembangan ilmu pengetahuan telah mengubah cara pandang mereka terhadap tradisi ini sehingga jarang di temukan orang yang memotong jarinya ketika orang-orang terdekatnya meninggal. 

suku-suku yang menganut budaya ini

Tradisi potong jari ini walaupun kini jarang di lakukan lagi namun kita dapat menemukan para orangtua yang jarinya telah di potong ketika bertemu dengan suku-suku di pedalaman yang lalunya menganut tradisi ini. 

Adapun suku-suku yang paling terkenal dengan melakukan tradisi ini di Papua adalah suku Mee dan suku Dani.
 
Suku Mee adalah salah satu suku yang berada di pegunungan Papua bagian selatan, sekitaran daerah danau paniai, danai tigi, danau tage dan lembah kamuu. 
Suku Dani berada di pegunungan tengah Papua, sekitaran lembah baliem. biasanya mereka menyebut tradisi potong jari ini "iki palek".

Alat yang di gunakan untuk memotong jari

walaupun adanya perbedaan bahasa serta wilaya diantara beberapa suku yang biasanya melakukan tradisi ini namun memiliki persamaan dalam berbagai budaya. salah satunya mereka memiliki bahan yang sama untuk memotong jari tangan mereka.

Alat yang di gunakan untuk memotong jari pada umumnya adalah kapak atau pisau tradisional, ketika memotong jari biasanya mengikat jari dengan seutas tali kemudian membungkus walaupun sangat sakit mereka bertahan untuk menunjukan kepedihan yang amat dalam atas kehilangan orang yang paling di sayangi.

Selain itu juga mereka mengunakan gigi mereka untuk memotong, mereka akan gigit hingga jarinya terpotong dan itu adalah ciri untuk menyatakan duka dan kesedihan dari lubuk hati mereka atas meninggalnya orang yang paling di sayangi.

Kini budaya itu sudah tidak ada lagi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, namun anda masih dapat menemukan orang yang jarinya telah di potong di pedalaman Papua.