Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Danau Wissel Meren di Paniai yang Indah

Danau Paniai, Danau Tigi, dan Danau Tage adalah tiga danau besar yang terletak di Dataran Tinggi Meeuwo Provinsi Papua. Selain tiga ini ada beberapa danau di kawasan Meuwo atau di sekitar Paniai yang menghiasi alam Meuwo.

3 Danau Wissel Meren di Paniai

Danau-danau yang berada di ketinggian 1.700 kaki ini sering disebut juga danau Wisel Meren setelah pilot Belanda pertama (Frits Julius Wisel) menerbangkan pesawatnya di atas perairan tersebut dan menginformasikan kepada publik tentang danau-danau tinggi di Papua, khususnya di wilayah Paniai. 

Keindahan danau di daerah yang dikenal dengan sebutan Meuwo ini sangat mempesona, apalagi danau ini kaya akan berbagai sumber daya alam seperti udang, ikan mujair, ikan nila, ikan mas dan lain-lain. Sumber daya alam danau-danau ini menjangkau masyarakat dan menghidupkan masyarakat sekitar.

 

Danau Besar di Meuwo atau Paniai

3 danau utama di Dataran Tinggi Meuwo seperti yang telah ditulis diatas merupakan Danau Paniai, Danau Tigi dan Danau Tage. Dibawah ini uraian singkatnya:

1. Danau Paniai

Danau Paniai merupakan danau yang berada pada ketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut, meliputi area seluas 1.500 hektar dan memiliki berbagai sumber daya alam. Ketika Konferensi Danau Dunia diadakan di India pada tanggal 30 November 2007, Danau Paniai dinyatakan sebagai salah satu danau terindah di dunia dan diakui oleh perwakilan dari 157 negara. Ini adalah prestasi yang luar biasa, semoga prestasi ini bisa diraih juga di masa depan, dengan menjaga keindahan alam danau agar tidak tercemar.

Danau yang masih asli ini menyediakan sumber daya alam yang memudahkan kelangsungan hidup masyarakat. Ketika Anda berkunjung ke sini, Anda akan menemukan bahwa danau ini dikelilingi oleh beberapa desa di Kabupaten Paniai. Untuk mencapai desa-desa tersebut, masyarakat Paniai biasanya menggunakan perahu kayu dan perahu motor milik masyarakat setempat dengan dermaga kecil untuk menopang perahu tersebut. Air pembuangan dari danau Paniai mengalir ke wilayah selatan Provinsi Papua, yang oleh Suke Mee disebut Sungai Yawei.

 

Danau Wissel Meren di Panai

2. Danau Tigi

Danau yang satu ini terletak di kawasan Deiyai, orang sering menyebutnya danau cinta/love karena berbentuk hati. Danau Tigi memiliki kedalaman 150 meter, danau ini berada 1700 kaki di atas permukaan laut, ada jalan yang dibangun di sekitarnya yang menghubungkan desa ke Wagethe, ibu kota Deiyai, jika anda berkunjung ke tempat ini dan mengunjungi desa-desa sekitar dengan transportasi darat adalah pilihan terbaik, karena keamanannya juga cukup terjamin. Daerah sini merupakan pegunungan sehingga kalau kalian berkunjung kesini pastikan membawa baju panas atau pakaian yang biasa digunakan ditempat dingin.

masyarakat yang tinggal di sekitar danau biasanya menggunakan perahu mereka untuk menangkap ikan dan udang serta menyediakan jasa transportasi bagi orang-orang yang ingin berlayar menyeberangi danau.

Sebuah sungai besar juga mengalir dari Danau Tigi, sering disebut Sungai Oneibo oleh masyarakat Deiyai ​​karena sungai tersebut terletak di desa Oneibo. Keindahan dan kebersihan danau berbentuk love ini sudah diperhatikan oleh Pemerintah Deiyai ​dengan melarang membuang sampah ke danau, semoga kedepannya ditanggapi dengan serius agar danau tidak tercemar.

Danau Tigi yang indah

3. Danau Tage

Danau Tage adalah danau yang terlihat lebih biru dan lebih terang dari Danau Paniai dan Danau Tigi. Danau ini terletak di daerah Paniai, Danau Tage lebih kecil dari Danau Paniai dan Danau Tigi, namun keindahan danau ini tidak bisa dibandingkan dengan dua danau lainnya, karena tepi Danau Tage memiliki banyak batu dan pasir putih yang menghiasi pemandangan. Ada juga rumah masyarakat di sekitar danau ini yang menambah warna alam lingkungan. Bagi yang tertarik mengunjungi tempat ini, jarak dari ibu kota Paniai ke Enarotalo sekitar 5 km, namun akan lebih baik jika Anda berpetualang bersama para pemuda daerah ini.

Itu adalah gambaran singkat tentang tiga danau besar di wilayah Meuwo. Kunjungi langsung kesana ya! bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang ketiga danau ini. Semoga keindahan alam ketiga danau ini tetap terjaga tanpa sampah dan polusi lainnya, agar air di dalam dan sekitar danau tetap terlihat menakjubkan dan alami.