Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Danau-Danau Indah yang Menghiasi Dataran Tinggi Meuwo Papua

Terdapat tiga danau besar yang terletak di Dataran Tinggi Meeuwo Provinsi Papua. Sebenarnya lebih dari tiga jadi ada beberapa danau di kawasan Meuwo atau sekitar Paniai yang menghiasi alam Meuwo namun dijelaskan hanya tiga, danau-danau di ketinggian 1700 kaki ini juga sering disebut Danau Wissel Meren sesuai dengan nama pilot Belanda (Frits Julius Wisel) yang pertama menerbangkan pesawatnya di atas perairan tersebut dan menginformasikan kepada dunia luar tentang danau-danau di Papua, khususnya di wilayah Paniai. 

Danau Tigi di belakang terlihat gunung Deiyai

Keindahan danau di daerah yang dikenal dengan sebutan Meuwo ini sangat mempesona, apalagi danau ini kaya akan berbagai sumber daya alam seperti udang, ikan mujair, ikan nila, ikan mas dan lain-lain. Sumber daya alam danau-danau ini telah memberi kehidupan bagi masyarakat sekitar.

 

3 Danau Besar di Dataran Tinggi Meuwo

Tiga danau besar di dataran tinggi Meuwo adalah Danau Paniai, Danau Tigi dan Danau Tage, penjelasan singkat danau-danau tersebut sebagai berikut:

1. Danau Tage

Danau Tage adalah danau yang terlihat lebih biru dan jernih dari Danau Paiai dan Danau Tigi. Danau ini terletak di wilayah Paniai,​​​ ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​Kecerahan danau terkadang membuat orang yang mengunjungi danau ini mengira bahwa danau itu dangkal dan karena saking jernihnya orang dapat melihat langsung ikan dan sumber daya alam Danau Tage lainnya.

Danau Tage lebih kecil dari Danau Paniai dan Danau Tigi, namun keindahan danau ini tidak sebanding dengan dua danau lainnya, tepi Danau Tage memiliki banyak kerikil dan pasir putih yang menghiasi pemandangan. Ada juga rumah masyarakat di sekitar danau ini yang menambah warna alam sekitarnya.

Bagi yang tertarik mengunjungi tempat ini, jarak dari ibu kota Paniai, Enarotali sekitar 5 km, akan lebih baik jika Anda berpetualang bersama anak-anak muda daerah sini.

2. Danau Tigi

Danau Tigi, Danau yang satu ini terletak di Kabupaten Deiyai, orang sering menyebutnya danau love/cinta karena berbentuk hati. Danau Tigi dalamnya 150 meter, danau ini berada di tinggian 1700 kaki di atas permukaan laut, sekeliling danau telah dibangun jalan di sekitarnya yang menghubungkan desa-desa dengan Wagete, ibu kota Kabupaten Deiyai. jadi tidak perlu diragukan lagi jika anda berkunjung ke tempat ini untuk mengunjungi desa – desa sekitarnya dengan transportasi darat, keamanannya juga cukup terjamin.

Daerah pegunungan sekitar danau Tigi ini akan membuat kalian untuk beta dan menginap, karena pemandangan yang indah dan kesejukan pegunungan membuat anda enggan untuk pulang. orang yang tinggal di sekitar danau biasanya menggunakan perahu mereka untuk menangkap ikan dan udang dan menawarkan layanan antar-jemput kepada orang-orang yang ingin berlayar melintasi danau.

Danau Tage dari sisi yang berbeda

Sebuah sungai besar juga mengalir dari Danau Tigi, biasa disebut Sungai Oneibo oleh masyarakat Deiyai ​​karena sungai tersebut terletak di desa Oneibo. Keindahan dan kebersihan danau berbentuk cinta ini diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Deiyai ​​dengan melarang membuang sampah di danau, semoga kedepannya ditingkatkan dengan serius agar danau tidak tercemar.

3. Danau Paniai

Danau Paniai adalah sebuah danau yang terletak di ketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut, seluas 1 .500 hektar dan memiliki berbagai sumber daya alam. Ketika Konferensi Danau Dunia diadakan di India pada tanggal 30 November 2007, Danau Paniai dinyatakan sebagai salah satu danau terindah di dunia dan diakui oleh perwakilan 157 negara, tidak kalah indahnya, bukan? Semoga prestasi ini dapat terus diraih di masa yang akan datang dengan menjaga keindahan alam danau agar tetap terlihat bersih dan indah.


Penutup

Danau yang masih asli ini menyediakan sumber daya alam yang memfasilitasi kelangsungan hidup masyarakat. Saat Anda berkunjung ke sini, Anda akan melihat bahwa danau ini dikelilingi oleh beberapa desa di Kabupaten Paniai. Untuk mencapai desa-desa tersebut, masyarakat Panian biasanya menggunakan perahu kayu yang dimiliki masyarakat setempat dan speedboat dengan dermaga kecil yang bisa menopang kegiatan sosial ini. Dari Danau Paniai ini juga mengalir sungai yang mencapai wilayah selatan Provinsi Papua, sungai ini disebut sungai Yawei oleh masyarakat Suke Mee.

Di atas adalah gambaran singkat tentang tiga danau besar di wilayah Meuwo. Bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang ketiga danau ini, kalian dapat berkunjung kesini ya.

Semoga keindahan alam ketiga danau ini tetap terjaga tanpa sampah dan kotoran lainnya, air di dalam dan di sekitar danau masih terlihat menakjubkan dan alami.