Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Danau Paniai Danau Alami dan Terindah di Papua

Danau Paniai, Danau indah di Papua

Berwisata di sekitar Danau Paniai bisa menjadi kenangan indah yang tak terlupakan bagi Anda yang suka traveling atau berwisata, tempat ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata kalian. Danau Paniai merupakan salah satu danau Papua yang dinyatakan sebagai danau terindah di dunia pada tahun 2007 dan diakui oleh 157 negara pada Konferensi Danau Dunia yang diadakan di India. 

Danau ini terlihat sangat unik karena berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Danau ini juga dikenal sebagai Wissel Meren sesuai nama pilot yang pertama kali menerbangkan pesawat di atas perairan ini. Untuk pertama kalinya, ia menceritakan kepada publik tentang keberadaan danau dan penduduk di dataran tinggi Papua pada tahun 1938.

Bagi yang ingin mencari pengalaman baru, berkeliling Danau Paniai bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kalian. Panorama Danau ini tidak kalah indah dari yang lain di Indonesia dan Papua.


Pengalaman Unik di Alam Danau Paniai

Tentunya saat Anda melakukan petualangan baru di sekitar danau ini, danau yang juga biasa disebut dengan Wissel Meren ini akan banyak kenangan yang tak terlupakan, mulai dari keindahan danau yang luar biasa, kekayaan alam, pegunungan yang indah dan orang-orang atau masyarakat setempat yang ramah dan suka bersosial.

1. Masyarakat Setempat dan Danau  

Danau Wissel Meren merupakan danau pegunungan yang tidak begitu padat penduduknya, tentu saja keindahanya alam alaminya masih bisa dilihat, didukung dengan warga yang masih punya kesadaran untuk tidak membuang sampah ke danau.

Masyarakat setempat biasanya menggunakan perahu dayung buatan tangan sendiri maupun spitboat untuk pergi ke desa tetangga atau mencari atau menangkap ikan, disini masih terlihat bahwa banyak masyarakat setempat belum meninggalkan kebiasaan menggunakan perahu dayung sebagai alat transportasi.

2. Kekayaan Alam Danau

Selain sumber daya alam yang di daratan pegunungan Paniai, Danau Paniai adalah rumah bagi berbagai ikan, udang, nila dan berbagai hewan jenis lainnya. Hal menarik yang dilakukan masyarakat disini adalah masyarakat tidak menggunakan alat yang bisa membahayakan alam untuk menangkap ikan, sehingga tidak mengancam habitat ikan atau alam lainnya. Kalau kalian sempat berkeliling Danau Paniai, kalian bisa melihat sendiri bagaimana masyarakat di sini mencari ikan dengan mengandalkan bahan alami.

Masyarakat disini jika mendapat penghasilan yang banyak dari menangkap atau memancing, biasanya mereka membagi dua, yang satu biasanya dipisahkan untuk masak di rumah, dan yang lainnya lagi untuk jual di pasar.

 

3. Pegunungan 

Seperti yang sudah dijelaskan, Danau Paniai berada di lebih dari 1700ft di atas permukaan laut sehingga banyak sekali pegunungan sekitar danau ini, yang dapat memperlihatkan betapa indahnya perbukitan, perkebunan, tempat tinggal dan air danau yang biru dari puncak-puncak gunungnya. Masyarakat local maupun luar biasa berkunjung ke beberapa tempat atau gunung untuk melihat Danau Paniai dan alam sekitarnya. Tempat-tempat ini adalah yang paling sering di kunjungi.

Gunung Bobaigo

Gunung Bobaigo tidak begitu jauh dari kota atau Danau Paniai, begitu dekatnya tempat ini membuat orang biasanya ramai di akhir pekan dan hari libur, kaki gunung berada di dekat danau, para petualang biasanya datang ke sini untuk memancing serta berfoto.

Gunung Yatougi

tempat ini cukup jauh, namun rasa lelah anda akan terbayar dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dari ketinggian gunung ini, karena tempat ini menunjukkan betapa memesona keindahan alam dan udara yang sadar.

 

4. Perumahan Warga

Hunian Sederhana Dalam perjalanan menuju Danau Paniai, kalian akan melihat rumah-rumah penduduk sederhana dan perkebunan di sekitar danau. Umumnya, masyarakat masih tinggal di rumah adat mereka, yang dibangun model persegi dan membuat tungku api di tengah honai atau rumah. Tungku api ditengah agar setiap orang dapat menghangatkan badan.

Seperti apa iklim/cuacanya?

Cuaca di sekitar Danau Paniai dingin seperti yang dapat kalian ketahui tempat ini berada di pegunungan Papua. Kalau ingin berwisata ke tempat ini, jangan lupa membawa jaket yang agak tebal agar tubuh kalian tetap hangat. Tentunya bagi yang terbiasa traveling sudah tahu barang apa saja yang harus disiapkan saat berkunjung ke daerah dingin.

Apakah tersedia akomodasi/hotel?

Akomodasi merupakan salah satu hal yang bisa menjadi hal penting bagi setiap traveler, tentunya terdapat beberapa penginapan atau hotel di sekitar Danau Paniai, namun tidak semewah yang ada di kota-kota besar dengan harga yang cukup terjangkau. Tetapi jika kalian merasa tidak ingin tinggal di penginapan, kalian harus memiliki teman di sekitar Danau Wissel Meren yang akan menemani kalian, tentu saja jika kalian memiliki teman, dapat hemat biaya dan percakapan dapat lebih lancar dan terbuka.

Bagaimana dengan Transportasi

Bagi yang ingin berkeliling Danau Paniai tentunya tidak ada transportasi laut yang langsung menuju kawasan ini, jika menggunakan transportasi laut bisa melalui daerah tetangga yaitu Kabupaten Nabire. Untuk sampai ke Danau Paniai dari Nabire kalian bisa menggunakan kendaraan darat berupa mobil. Jarak tempuh berkisar 5-6 jam, ongkos angkutan sekitar Rp 5000,000 per-orang. Kalau sewa mobil harganya bisa lebih dari 1jt jadi kalian dapat pertimbangkan. Selain itu, pesawat kecil dari daerah Nabire dan Timika dapat digunakan. Di kawasan Paniai tidak terlalu ramai dengan kendaraan darat namun tersedia layanan mobil dan motor dengan harga yang berbeda sesuai dengan kebutuhan penumpang.

Lokasi Danau Paniai

Secara administratif, Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai di Provinsi Papua. Danau ini tidak begitu jauh dari ibu kota Enarotal, sekitar 5 menit dengan mobil dari Danau Paniai atau Wissel Meren.