Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Danau Paniai Tak Kalah Mempesona

Keindahan Danau Paniai dikenal dunia sebagai salah satu danau terindah di dunia. Anda bisa menikmati panorama alam yang tentu saja terjaga dengan baik. Danau Paniai telah dinyatakan sebagai salah satu danau alami terindah di dunia. Hal ini diakui oleh perwakilan 157 negara pada Konferensi Danau Dunia yang diadakan di India pada tanggal 30 November 2007.

Danau Paniai dan sekitar Enarotali


Danau Paniai dan beberapa danau yang berdekatan, seperti Danau Tigi dan Danau Tage, sebelumnya dikenal dengan sebutan Danau Wissel Meren. Nama ini diambil dari nama pilot yang pertama kali menerbangkan pesawatnya di atas perairan di dataran tinggi Papua, nama lengkap pilot berkebangsaan Belanda itu adalah Frits Julius Wissel. Dia terbang pertama kali pada tahun 1938 melintasi pegunungan Papua, dia melihat danau yang indah karena keindahan danau yang luar biasa. Wissel memutuskan untuk turun dan menikmati eksotisme danau danau ini. Pada masa penjajahan Belanda, tempat-tempat tersebut lebih dikenal dengan Danau Wissel daripada Danau Paniai, bahkan saat ini banyak yang menyebut tempat ini sebagai Wissel Meren atau tempat Danau Wissel Meren.

Danau Paniai memiliki luas 1 .500 hektar, beberapa desa mengelilingi Danau Paniai, selain petani, sebagian besar penduduk sekitar danau memilih nelayan sebagai sumber mata pencaharian mereka. Keindahan danau Paniai tidak hanya menarik wisatawan dan orang asing ke tempat ini, tetapi juga karena keanekaragaman sumber daya alamnya. Danau yang sering disebut Wissel Meren ini memiliki banyak sumber daya hayati yang berbeda.

Danau ini menghasilkan berbagai ikan dan udang. Masyarakat di sekitar danau biasanya mencari ikan dengan cara tradisional untuk melindungi alam dan lingkungan. Biasanya hasil dari danau-danau ini tidak hanya untuk masak di rumah, tetapi juga untuk di jual.

 

Keindahan Danau Paniai dari Berbagai Tempat

Danau Wissel Meren / Danau Paniai terletak di dataran tinggi Papua atau secara administratif Kabupaten Paniai, wilayah pegunungan tinggi yang alami disini menawarkan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi dengan panorama alam yang mempesona. Keindahan Danau Wissel dan keindahan alam lainnya.

Di bawah ini adalah beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi ketika datang ke Paniai.

1. Pegunungan Yatougi

Tempat yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi oleh penduduk lokal dan asing adalah Pegunungan Yatougi, yang letaknya tidak begitu jauh dari ibu kota Enarotali, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencapai tempat ini. Di atas bukit-bukit tersebut, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam Danau Paniai saja. kalian yang menyukai sunset dan berfoto untuk di abadikan momen kunjungannya dengan berfoto sembari menunggu sunset tempat ini memang cocok untuk kalian

2. Gunung Bobaigo

Gunung Bobaigo merupakan salah satu bukit di ujung kota Enarotali, gunung ini tidak terlalu tinggi namun pengunjung sebaiknya mempersiapkan diri sebelum menuju tempat ini karena agak terjal. Biasanya hampir setiap hari ada orang di dekat tempat ini yang berkunjung untuk makan siang, yang biasa disiapkan sambil bersenang-senang.

Kaki bukit tempat ini adalah Danau Paniai, jadi jika Anda berkunjung ke sini, Anda juga harus berhati-hati agar tidak terpeleset ke danau. selain keindahan Danau Paniai, Anda juga bisa melihat pesawat yang landing dan take off di Bandara Enarotali yang tidak jauh dari Gunung Bobaigo.

3. Dermaga Aikai

Dermaga Aikai adalah salah satu tempat di mana penduduk setempat biasanya berkumpul dan menonton perahu yang membawa penumpang ke desa-desa. Pada sore hari, biasanya dipenuhi anak-anak muda yang berfoto dan melihat matahari terbenam. Tempat ini juga digunakan sebagai tempat duduk, Anda bisa melihat banyak penduduk lokal atau orang luar datang untuk memancing di sana.

 

Biaya Hidup dan Transportasi

Letak geografis pegunungan yang sulit dijangkau membuat biaya hidup menjadi mahal tidak seperti daerah perkotaan seperti Nabire yang memiliki akses transportasi laut dan darat yang mudah sehingga Jika ingin berkunjung ke Danau Wissel siapkan budget yang bisa pakai saat liburan kurang lebih 5 juta lebih tapi tergantung mau berapa lama tinggal disana jadi bisa lebih atau kurang. Kendaraan tidak terlalu ramai tapi bisa disewa untuk jalan-jalan.

Terlihat seorang nelayan diatas danau Paniai

Hal yang Dapat Menjadi Perhatian Khusus Saat Mengunjungi

Tentunya setiap daerah memiliki budaya dan kehidupan sosial yang berbeda-beda, sehingga ketika wisatawan datang untuk menikmati keindahan Danau Paniai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

1. Mengenal kehidupan sosial dan budaya

Tentu saja, Anda akan menemukan banyak hal yang berbeda, mulai dari cara Anda berbicara/berbahasa, makan, berpakaian, berkomunikasi atau kehidupan sosial yang tidak diketahui, sehingga sangat penting bagi para traveler untuk mengetahui kehidupan disini terlebih dahulu melalui internet atau orang lain atau orang yang Anda kenal tentang tempat ini.

2. Biaya Hidup

Biaya hidup saat berkunjung juga merupakan masalah besar agar Anda tidak tersesat di sana karena tidak ada ongkos pulang pergi jadi pikirkan baik-baik tentang apa yang ingin Anda belanjakan untuk perjalanan sebelum Anda berkunjung.

3. Iklim atau cuaca

Pecinta wisata juga harus membiasakan diri dengan iklim daerah setempat sebelum mengunjungi Paniai, tentu saja tempat yang dingin, jadi Anda harus mengenakan pakaian tebal atau sesuatu yang cocok untuk cuaca dingin.

4. Transportasi

Ketersediaan transportasi juga dapat menjadi kendala selama perjalanan, sehingga sebelum melakukan petualang di daerah Wissel Meren ini kalian  harus mengetahui terlebih dahulu harga dan kendaraan yang dapat digunakan untuk bepergian.

5. Mengamankan tempat tinggal

Tempat tinggal sangat penting saat bepergian, tidak mungkinkan tidur/tinggal di pinggirang jalan. Jadi sebelum jalan teman-teman harus konfirmasi akomodasi dan biaya yang dipesan terlebih dahulu.

 

Tentu saja masih banyak hal tentang danau paniai dan sekelilingnya yang belum dijelaskan secara detail disini namun bila kalian berkunjung kesini kalian boleh menyaksikan sendiri betapa indahnya alam sekitar danau Wissel Meren.