Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Desa Buluh Duri, Masuk Desa Wisata Terbaik Indonesia

Halo teman-teman, semoga kalian tidak bosan membaca artikel-artikel yang kami tulis untuk kalian agar menambah pengetahuan sobat. Kali ini kami menjelaskan profil desa Buluh Dur Kecamatan Sipispis.

Desa Buluh Duri


Letak Desa Buluh Duri

Desa Buluh Duri terletak di Kecamatan Sipispis, Daerah Administratif Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumatera Utara). Desa tersebut merupakan salah satu dari ribuan desa lain di Indonesia yang wilayahnya berada di atau berbatasan dengan tanah PTPN-III Gunung Pamela BUMN. Daerah Sipispis merupakan dataran tinggi berkontur pedesaan yang umumnya berbukit, terletak di kaki pegunungan Bukit Barisan.

Di subkawasan ini terdapat gunung yang disebut Gunung Simbolon II dan beberapa sungai besar dan kecil, dan yang paling terkenal adalah sungai Bah Bolon dan sungai Padang yang bersama-sama disebut sungai Padang. Sungai Padang berhulu di wilayah administrasi Simalungun dan mengalir ke Selat Sumatera setelah melewati wilayah Tebing Tinggi dan Bandar Khalifah.

 Bah Bolon Sungai mengalir di sisi desa Buluh Dur dan dianggap satu-satunya potensi alam yang dimiliki desa Buluh Dur. Secara tradisional, Sungai Bah Bolon digunakan sebagai sumber air dan juga sebagai sumber penambangan mineral C (pasir dan batuan sungai). Dua sungai saat ini sedang dikembangkan sebagai tempat wisata.

Gambaran Wilayah Sipispis

Berikut ini adalah gambaran wilayah Sipispis, dimana Desa Buluh Duri berada. Secara geografis Kabupaten Sipispis membujur dari utara ke selatan dan meliputi wilayah seluas 222,60 km2 dengan batas wilayah sebagai berikut:

- berbatasan dengan Kecamatan Tebing Tinggi di utara,

- berbatasan dengan Kecamatan Dolok Batu Nanggari (Kabupaten Simalungun) di selatan,

- dengan Kecamatan Dolok Merawan di sebelah timur,

- Kecamatan Raya Kahean (Kabupaten Simalung) di sebelah barat.

- Desa Buluh Dur terdiri dari 7 desa dengan jumlah penduduk 32 keluarga

2 jiwa, sebagian besar adalah usia kerja dan tingkat pendidikan rata-rata SMA. Sumber daya manusia (SDM)  di desa Buluh Dur merupakan hal utama yang harus dimiliki  desa untuk mendukung program-program  desa, negara dan pemerintah daerah, yang merupakan sumber daya manusia yang kuat untuk keberhasilan pembangunan.



Desa Buluh Dur terdiri dari 7 desa dengan jumlah penduduk 3500 jiwa, sebagian besar adalah usia subur dan tingkat pendidikan rata-rata SMA. Hal ini wajar, karena sebagian besar masyarakatnya adalah pegawai PTPN III Gunung Pamela. 

Dari  3.915 orang tersebut, separuhnya adalah pegawai PTPN III Negeri Gunung Pamela, dan separuhnya lagi tidak bekerja (sebagian besar  pensiunan  PTPN III). Situasi ekonomi warga desa pekerja PTPN III tampaknya lebih baik, karena mereka menerima bantuan beras 

3 kilogram (laki-laki dan perempuan dengan tiga anak), gaji pokok menurut upah minimum adalah 1,9 juta per bulan tunjangan anak sekolah (300 ribu). siswa per bulan, 250 ribu siswa SMA per bulan dan  200 ribu siswa SMA). Dengan gaji take home  sebesar 3,2 juta rupee per bulan bagi mereka yang tidak memiliki utang.

 Dalam hal ini, Kepala Desa Buluh Dur masih  berkomunikasi dengan  PTPN III untuk sedikit mempersulit pihak bank untuk mengeluarkan pinjaman kerja sehingga warga  Desa Buluh Dur yang juga pegawai PTPN III, dapat mengatasi. lebih baik sendiri. dan kelola keuangan Anda dengan lebih baik.

50  Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Kabar baik datang  dari industri pariwisata  Kabupaten (Sergai). Pasalnya, Desa Buluh Duri di Kecamatan Sipispis berhasil masuk dalam 50 besar calon predikat desa wisata terbaik di Indonesia yang diumumkan  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI secara langsung melalui Menteri. . Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pengumuman ini disaksikan secara virtual oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) 50 Besar Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Ruang Rapat Wakil Bupati, Sei Rampah pada hari Kamis 28 Februari 2022 lalu.

Pihak Kemenparekraf telah melaksanakan tahapan kurasi dan pengunguman mulai dari top 500, 300, 100 dan tahapan terbaru di 50 Besar Desa Wisata ADWI.

Wah..ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita karena potensi wisata lokal bisa berkompetisi di tingkat nasional. Desa Buluh Duriini  memiliki destinasi wisata unggulan berupa arung jeram (rafting), tepatnya di dusun IV yang dialiri Sungai Bah Bolon. Selain arung jeram, katanya, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam berupa Bahgula Waterfall, Green Canyon, Magic Wall, Batu Boru Manjile, dan Batu Katak, sepanjang perjalan.

Mantab skali lah pokoknya.  coba arung jeramnya biar kita rasakan sensainya