Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Taman Wisata Bunaken Manado Sangat Mempesona dan Indah

Sampai saat ini, membicarakan keindahan wisata alam di Indonesia bukanlah hal yang baru. Terutama karena letak Indonesia yang menguntungkan dan pesona keindahannya. Tidak hanya kondisi daratan seperti pegunungan, air terjun, taman wisata hingga gua-gua sisa peninggalan zaman kolonial, tetapi juga kondisi bawah lautnya yang mempesona. Banyak pulau di Indonesia yang masih terjaga dengan baik dan menawarkan keindahan bawah laut untuk dijelajahi.

Taman Nasional Bunaken Manado

Salah satu jenis wisata yang paling dikenal di Minahasa adalah wisata bahari. Hal ini disebabkan banyaknya sumber daya laut yang dapat dijadikan sebagai kawasan wisata. Misalnya Taman Wisata Bunaken Manado yang merupakan taman laut dengan keunggulan pesona alam yang tiada duanya. Terletak di wilayah Sulawesi Utara dan masih sangat alami.

Taman Wisata Bunaken Manado merupakan taman nasional yang ditetapkan sebagai objek wisata oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1991. Memiliki tempat yang mewakili ekosistem perairan tropis di Indonesia. Terdiri dari ekosistem mangrove, padang lamun hingga terumbu karang, dan ekosistem darat atau pesisir. Pulau ini memang kaya akan flora dan fauna, dan Taman Nasional Bunaken menjadi rumah bagi 13 jenis karang hidup yang didominasi oleh spesies karang tepi dan karang penghalang. Sekitar 91 spesies ikan hidup di perairan ini. Misalnya, seperti ikan kuda Gusum, melewati ekor kuning ke gas air liur.

Pesona Bawah Laut Taman Wisata Bunakeni Manado

Wisata bawah laut tidak hanya dinikmati oleh masyarakat sekitar tetapi juga oleh wisatawan nasional atau mancanegara. Membuktikan sekali lagi bahwa pariwisata Indonesia memiliki daya tarik global. Tempat ini juga memiliki banyak aktivitas wisata bahari yang bisa dilakukan pengunjung. Mulai dari menyelam, snorkling, berjemur dan berenang. Ada juga Dragonet Diving Center yang pernah menjadi sekretariat acara Sail Bunaken. Tempatnya terletak di pantai Kalanen, di pinggiran kota Manado. Sail Bunaken sendiri memecahkan rekor MURI ketika lebih dari 2.000 penyelam mengikuti upacara bendera di dasar laut.

Meskipun pemilik Dagonet Dive Center sendiri bekerja dengan instruktur selam bersertifikat SDI atau Scuba Diving Internasional. Dragonet sendiri menawarkan pelajaran menyelam untuk pemula. Misalnya, pengunjung atau penyelam pemula mempelajari dasar-dasar menyelam dalam 15 menit dan secara bertahap diminta menghabiskan waktu hingga

5 menit di kedalaman hingga 6 meter. Dengan bantuan diving center, pengunjung semakin mudah menikmati keindahan wisata alam bawah laut Taman Laut Bunaken.

Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Minahasa, Kota Manado. Di sebelah utara taman nasional terdapat Bunakeni, Montehage, Manado Tua, Nain Kecil, pulau Siladen dan sebagian kawasan pesisir Tanjung Pisok.

Sejarah Singkat Bunaken

Tidak lengkap rasanya tanpa mengetahui sebagian kecil dari Taman Wisata Bunaken Manado, yaitu sejarahnya. Keindahan Taman Laut Bunaken tidak serta-merta terkuak. Tapi taman ini dulunya merupakan daerah terpencil. Karena waktu itu, masih masa Orde Baru, tidak banyak waktu istirahat. Hanya sedikit orang yang menjelajah untuk benar-benar melihat keindahan Indonesia.

Beberapa penyelam muncul, mencoba menjelajahi keindahan laut ini. Namun, para penyelam tidak langsung menyelam dengan lancar, melainkan mendapat instruksi dari para nelayan. Penduduk setempat, terutama para nelayan, menyarankan untuk tidak menyelam ke laut, karena ada roh jahat yang tinggal di sana.

Itu berlangsung hingga tahun 1970-an karena terkenal dengan unsur magis dan mitos tentang roh dan hantu. Beberapa nelayan meninggal saat menyelam. Peristiwa ini semakin dikaitkan dengan keberadaan kekuatan magis di laut. Namun para penyelam yang ingin menjelajah tidak akan mundur atau berhenti menjelajahi keindahan di bawahnya.

Mereka menyelam lagi dan menemukan apa yang mereka sebut surga bawah air. Para penyelam memberikan cerita itu kepada pemerintah setempat. Dari situlah koordinasi dimulai dan terbentuklah Taman Nasional Bunaken yang terus menjadi surga bagi pengunjung dari masa ke masa.

Objek Wisata Taman Bunaken

Mengapa Bunaken Disebut Surga Dunia? Kalau saja karena penyelam bisa menemukan sekitar 20 lokasi penyelaman. Ada 12 di antaranya dan bisa ditemukan di Pulau Bunaken sendiri. Bahkan keunikan penyelaman di sini adalah jarak pandangnya yang bisa mencapai 20 meter. Adanya kondisi ini menandakan bahwa airnya begitu jernih.


Bawah Laut Taman Wisata Bunaken Manado

Visibilitas di area ini mungkin kurang dari 35 meter pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, terdapat pula dinding karang raksasa yang melengkung dan vertikal. Fungsi tembok ini adalah untuk memakan ikan-ikan kecil di laut.

Pengunjung dapat melihat keindahan yang luar biasa. Bahkan, semua tempat menyelam di dunia dikatakan lebih rendah dari daerah ini. Oleh karena itu, banyak juga wisatawan mancanegara yang datang untuk menyaksikan pesona Wisata Taman Bunaken Manado.

Ada hal lain yang diketahui setiap turis asing. Warga negara atau masyarakat Indonesia terkenal dengan keramahannya. Penduduknya juga terkenal murah senyum dan kebanyakan dari mereka fasih berbahasa Inggris, terutama bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Taman Laut Bunaken ini. Ada juga beberapa nelayan yang biasanya ditemani penyelam yang fasih berbicara beberapa bahasa. Mereka belajar untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan puas dengan pengunjung.

Rute dan Tarif Bunaken Manado

Wisatawan yang ingin ke Taman Nasional Bunaken bisa naik pesawat terlebih dahulu menuju Kota Manado. Anda kemudian dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Manado dari Bandara Internasional Sam Ratulangi menggunakan taksi sebagai  jenis transportasi cepat.

Nanti dialihkan dari Manado ke Marina Blue Banter. Setelah itu pengunjung bisa naik perahu menuju Pulau Bunaken yang memakan waktu sekitar 20 menit. Barulah Anda bisa menikmati berbagai keindahan Sulawesi Utara.

Biaya masuk ke Wisata Taman Bunaken Manado tidak akan menguras kantong. Hanya Rp 5.000 perorang yang bisa mengakses tempat wisata tersebut. Namun menjadi sangat mahal bagi wisatawan mancanegara dengan harga Rp. 150.000. Untuk snorkeling, pengunjung harus membayar Rp. 150.000 untuk menyewa peralatan selam selama satu jam.

Harga yang harus dibayar tidaklah berat ketika pengunjung melihat keindahan alam di bawah Laut Bunaken. Belum lagi fasilitas dan akomodasi di kawasan Bunaken berupa hotel. Beberapa pilihan sudah tersedia untuk memudahkan pengunjung dalam memilih hotel terbaik.