Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tempat Wisata Gunung Kidul Yang Lagi Hits

Tak perlu dikatakan, Daerah Istimewa Yogyakarta  menyimpan sejuta keindahan alam terbaik sepanjang tahun, salah satunya bernama Wisata Gunung Kidul. Wisata Gunung Kidul  wajib Anda kunjungi saat berada di Yogyakarta. Karena ada panorama alam yang eksotis yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi mereka yang mencintai alam. Tempat wisata di Gunung Kidul antara lain sungai, pantai, kolam dan lainnya. Nah, bagi yang belum tahu keindahan wisata Gunung Kidul. Berikut ini  penulis jelaskan secara singkat dan padat.


1. Gunung Kosakora



Puncak Kosakora terdiri dari sebuah gunung yang menjulang 50 meter di atas permukaan laut. Meski bukit ini terlihat sangat rendah, Gunung Kosakora juga memiliki panorama alam yang eksotis dan tak kalah menariknya dengan spot foto.

Bukit Kosakora juga merupakan objek wisata di dekat Pantai Drini, yang berjarak dua kilometer dari pantai timur. Saat senja sudah bisa merasakan keindahan panorama alam, saatnya  menyiapkan kamera yang jernih. Fasilitas  Bukit Kosakora saat ini masih kurang memadai antara lain; Parkir mobil, warung dan toilet.

Alamat Bukit Kosakora (Bukit Kosakora) tepat di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsar, Yogyakarta Kabupaten Gunung Kidul.

Ada biaya  sebesar Rp 5000 per orang untuk masuk ke tempat wisata, Biaya parkir kendaraan adalah Rp 2000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).


2. Taman Bunga Nawari



Pecinta tanaman, jangan lewatkan program liburan  di sini. Taman bunga matahari  hidup dalam kelimpahan. Anda bisa melakukan aktivitas apapun seperti selfie sambil mencari spot foto terbaik.  Taman Bunga Nawari

meliputi area seluas 5000 hektar dan dapat mekar sepanjang tahun. Berbunga relatif lama, 2-3 bulan.

Alamat Taman Bunga Nawari, Grogol I, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket masuk  Taman Bunga Nawar cukup murah dan pastinya tidak akan menguras kantong. Pada akhir tahun 2018, biaya masuknya adalah Rp 6000 per orang.

Jam buka destinasi wisata Taman Bunga Nawari adalah pukul 09:30-22:00.


3. Pantai Pok Tunggal


Pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan domestik karena keindahan alamnya yang eksotis. Karena Pantai Pok Tunggal memiliki pantai pasir  putih  yang luas. Uniknya, saat menginjakkan kaki di area pantai, Anda bisa melihat pohon duras dan deretan batu setinggi 0-60 meter.

Alamat Pantai Pok Tunggal, tepat di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Daerah Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk menikmati keindahan panorama pantai ini, Anda perlu membeli tiket seharga Rp 10.000 per orang.

Saat parkir, kendaraan Anda akan dikenakan biaya Rp. 2000,- (sepeda motor), Rp. 10.000 (mobil), Rp. 15.000 (peri) dan Rp. 25.000 (bus).

Tentang fasilitas yang ditawarkan disini : Sewa Payung Rp 20.000,-, Sewa Matras Rp 20.000,-, Sewa Net dan Ember Rp 10.000,-


4. Gua Jomblang



Selain pantai, Gua Jomblang merupakan salah satu tempat wisata anti utama. Kenapa demikian karena Gua Jomblang merupakan gua vertikal.

Gua Jomblang  menjadi simbol kawasan Geopark Gunung Sewu. Keunikan  goa ini juga sinar matahari yang masuk ke dalam goa menerangi seluruh isi goa, mereka menyebutnya  cahaya surga.

Fasilitas Gua Jomblang sudah cukup  dan bisa anda gunakan seperti; Kamar mandi (WC), tempat parkir mobil, resor, musala dan ruang bagasi. Destinasi wisata Gua Jomblang ini berada tepat di Dusun Jetis Wetan, Paddyjo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Untuk menikmati keindahan Skylight, Anda perlu membayar  Rp 50.000 - Rp 1.000.000 untuk layanan operator. Harga parkir mobil anda adalah Rp. 3000 (sepeda motor) dan Rp. 5000 (mobil).


 5. Cave Tubing Kalisuci

Gua Cave Tubing Kalisuci (Gua Kalisuci) merupakan perpaduan wisata alam  antara gua dan sungai. Wisata alam goa kalisuci masih tergolong baru (segar) karena  beberapa tahun terakhir ini sangat terbuka untuk umum.

 Kegiatan apa saja yang ada? Anda bisa melakukan aktivitas  Cave Tubing untuk menyaksikan keindahan Gunung Karst dan Gunung Kidul. Selain itu, Anda juga dapat merasakan derasnya air sungai Kalisuc yang dapat memacu adrenalin Anda. Alamat Gua Kalisuci

Tepatnya berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Wilayah Administratif Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket masuk, Anda perlu membeli tiket masuk seharga Rp 70.000, sedangkan biaya parkir kendaraan  Rp 2.000 (motor), Rp 5.000 (mobil), Rp 10.000 (minibus) dan Rp 15.000 (bus).


6. Taman Bunga Amarilis



Jika sebelumnya adalah bunga matahari, Wisata Gunung Bantul juga memiliki objek wisata Taman Bunga Amarilis yang ada terlebih dahulu. Keunikan dari bunga amarilis adalah keindahan bunganya dengan warna orange cerah yang  sangat cocok untuk berfoto selfie.

Anda harus tahu bahwa bunga amarilis ini hanya mekar setahun sekali. jadwalkan sekarang untuk mendapatkan kesempatan ini. Fasilitas disini masih kurang memadai karena masih tergolong baru sehingga belum terpelihara dengan baik. Sedikit biaya yang harus dibayar untuk menikmati keindahan bunga amarilis.

Biaya parkir kendaraan adalah Rp 3000 (motor dan mobil).


7. Pantai Siung


Pantai Siung masih dalam satu kawasan, kawasan Gunung Kidul. Ya, Pantai Siung adalah objek wisata. Selain pesona alamnya yang menarik, pantai ini juga sangat bersih.

Di sini Anda dapat menikmati pemandangan indah puncak gunung di pantai timur. Untuk mencapai puncak gunung, tim pemandu akan membawa Anda ke jalur yang harus dilewati.

Fasilitas pantai yang menantang ini cukup cocok, ketersediaannya; Akomodasi, restoran, kamar mandi, tempat parkir yang luas, mushola dan paviliun.

Lokasi sampel pantai  lebih tepatnya  Duwet, Purwodad, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket masuk ke Pantai Siung adalah Rp. 10.000 pada akhir tahun lalu. per orang Selama biaya parkir Anda harus membayar Rp. 2000 (sepeda motor), Rp. 5000 (mobil) dan Rp. 10.000 (bis).