Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Wisata Aceh Terbaik dan Terpopuler untuk Berwisata

Aceh adalah provinsi yang terletak di bagian barat laut wilayah Indonesia, dan pulau paling terpencilnya adalah Weh, tempat kota Sabang berada dan menjadi pusat wisata bahari.

Kota ini terkenal dengan bencana alam tsunami tahun 2004 di wilayahnya yang  memakan korban ratusan ribu jiwa.

Meskipun situasi bencana, Aceh kini mulai berkembang menjadi daerah berkembang, salah satunya adalah industri pariwisata, seperti 7 wisata Aceh terbaik ini.

Jika sobat penikmat alam seorang pelajar atau penggemar sejarah, Aceh memiliki beberapa museum populer  dengan arsitektur yang indah dan beberapa  monumen memperingati tragedi bencana tersebut.

Di pulau-pulau  tenang di lepas pantai yang menarik wisatawan, Anda dapat dengan mudah menemukan surga yang tersembunyi.

Untuk wisata petualangan, Aceh juga memiliki cagar alam hutan hujan tropis yang memanjang hingga ke Sumatera Utara.

Beberapa Rekomendasi  Wisata Terbaik di Aceh

Agar Anda tidak bingung saat memutuskan akan berlibur ke mana di kota ini, Sobat penikmat alam telah menyusun beberapa destinasi wisata populer untuk Anda kunjungi.

1. Museum Negeri Banda Aceh

Museum Negeri Banda Aceh

Agar mudah beradaptasi dengan tempat wisata disini, cobalah luangkan waktu untuk mempelajari sejarah daerah tersebut.

Sebagian besar museum di Aceh memang lebih identik dengan  bencana alam, namun Aceh juga memiliki museum bertema tentang peradaban manusia atau kebudayaan manusia.

Untuk pertanyaan terkait sejarah budaya, Anda bisa mengunjungi Galeri Museum Banda Aceh yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Museum ini penuh dengan galeri  menarik berupa artefak atau peralatan  industri tekstil kuno, alat pertanian dan senjata masyarakat kuno.

Anda bisa datang menjelajahi museum sejarah komunitas ini dari pagi hingga malam hari untuk menemukan hal-hal unik yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya, dan  hari tutupnya adalah hari Senin.

2. Museum Tsunami

Museum Tsunami

Tsunami 2004 menewaskan ribuan orang dan museum tsunami dibangun  sebagai tugu peringatan sekaligus tujuan wisata pendidikan.

Di museum ini, Anda akan mendapatkan pelajaran berharga dan  suasana atraksi yang mengharukan.

Mulai menonton film dokumenter tentang kejadian tsunami, di mana desain ruangannya berbau gelombang buatan dan suara  air yang mengalir hampir  seperti saat lautan sedang mengamuk.

3. Hutan Hujan  Ketambe

Hutan Hujan Ketambe di Aceh

Seperti yang saya katakan di atas, ada hutan lindung di Aceh, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser.

Taman nasional ini sendiri meliputi wilayah Sumatera Utara dan Aceh, untuk Aceh bisa dimulai dari wilayah Ketambe.

Kawasan ini merupakan hutan hujan tropis dengan keanekaragaman flora dan fauna. Namun, yang paling terkenal dari hutan tropis ini adalah jeruk.

Bepergian ke tempat alami ini, para penjelajah biasanya menghabiskan waktu berhari-hari berkemah dan mendirikan tenda.

4. PLTD Apung

PLTD Apung Aceh

PLTD Apung merupakan kapal yang menjadi saksi kerasnya laut saat menghantam Aceh saat tsunami.

Ketika bencana  terjadi, kapal PLTD sedang bekerja di laut dan diombang-ambingkan ombak, dan kini kapal besar itu telah ditempatkan sebagai tugu peringatan.

Di tugu PLTD Apung, pengunjung bisa melihat  kapal besar atau menapak langsung di atas kapal. Karena terletak di atas bukit, Anda juga akan melihat luas keindahan kota Aceh.

Dari situ, kita menyadari bahwa Aceh memiliki banyak tempat wisata edukasi yang dikhususkan untuk mengenang tragedi bencana alam. Tentu sangat mengesankan sebagai tempat dan menambah wawasan  liburan kita.

5. Air Terjun Cekungan Blang 

Air Terjun Cekungan Blang

Salah satu dari 7 wisata Aceh terbaik berada di kawasan Lhokseumawe, kunjungilah desa Sidomulyo tempat mengalirnya Air Terjun Cekungan Blang.

Air terjun ini tingginya sekitar 70 meter berbentuk dua semburan air dan dikelilingi  pepohonan lebat di  hutan hujan tropis.

Selain itu tempat alam ini  sering digunakan untuk berkemah dan berkemah, karena suasananya yang cukup tenang dan sangat asri.

6. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk

Saat sobat penikmat alam menginap di Pantai Lampuuk, Anda akan tahu betapa indahnya pesona alam kawasan ini.

Pantai Lampuuk merupakan pantai yang terletak di  barat daya pusat kota Banda Aceh atau  ke arah Samudera Hindia.

Pantai ini berjarak kurang lebih 15 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 25 menit.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini, seperti berjemur,  berselancar, berenang, berolahraga di pantai atau berfoto dengan background alam yang mengesankan.

7. Pantai Lhok Nga

Pantai Lhok Nga

Para wisatawan mungkin terkejut mengetahui bahwa ada beberapa pantai selancar di daerah tersebut. Namun Anda hanya perlu berkendara sekitar 15 kilometer  arah barat daya melewati Jalan Lintas Barat Sumatera dan Anda akan menemukan Pantai Lhok Nga  yang memiliki pesona yang begitu mempesona. Pantai Lhok Nga sendiri sebenarnya dekat dengan pantai Lampuuk  yang  hanya berjarak sekitar 4,5 kilometer arah selatan.

Lhok Nga sendiri sangat terkenal dengan selancar airnya karena ombaknya yang  besar namun tidak seret.

Anda tidak perlu khawatir tentang perlengkapan untuk menikmati permainan, karena ada banyak papan selancar yang bisa disewa di area ini.


Demikianlah ulasan singkat 7 wisata Aceh terbaik dan terpopuler untuk berwisata, sobat penikmat alam jangan lupa berkunjung ke tempat-tempat jika berkunjung ke Aceh.