Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Tempat Wisata Kaimana yang Harus di Kunjungi Traveller

Kaimana merupakan salah satu kota  di Papua Barat dan letaknya yang berada di dekat  laut membuat kota tua ini terkenal di kalangan wisatawan akan pesona alamnya yang indah dan menarik. Di Kabupaten Kaimana, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menarik  seperti berenang di pantai, menikmati pemandian air, menjelajah hutan, piknik, dan lainnya.

Pemandangan Indah Teluk Triton di Kaimana Papua

Travelers yang ingin berlibur ke  Papua Barat  harus menyiapkan budget yang lumayan. Kabupaten ini dijuluki sebagai “kota senja”  karena pemandangan alam yang tersaji saat senja mempesona para wisatawan yang melihatnya.

Tertarik dengan pesona Kaimana, sudah siap rencana jalan-jalan ke sana, tapi belum tahu tempat mana saja yang mau di kunjungi?  Berikut ini akan kami ulas berbagai tempat wisata yang direkomendasikan untuk sobat penikmat alam kunjungi saat liburan di Kaimana, Papua Barat beserta pesonanya.

1. Pulau Venue

Pulau Venue terletak di bagian barat Kabupaten Kaimana. Pulau dengan banyak tumpukan pohon  ini begitu sejuk dan rindang. Pulau ini memiliki panjang sekitar 700 meter dan  lebar sekitar 300 meter. Keunikan  Pulau Venue adalah terdapat kolam air asin  di tengah pulau dan pulau tersebut merupakan habitat penyu belimbing.

Pulau Venue Kaimana Papua Barat

Menurut penelitian, penyu belimbing merupakan salah satu hewan yang hampir  punah. Selain  penyu belimbing, pulau ini juga memiliki penyu sisik, penyu lekang, dan penyu hijau. Di Pulau Venue, wisatawan bisa menyaksikan proses penetasan telur penyu hingga menjadi tukik yang siap berjalan menuju laut lepas.

Nama tempat berarti telur yang sesuai dengan keadaan pulau, di mana ratusan telur dapat dilihat selama musim pemijahan. Selain penyu, pulau ini juga memiliki hewan langka lainnya seperti burung elang. Biaya tour : Rp 100.000; Alamat : Kab. Kaimana, Papua Barat.

2. Kolam Sisir

Kolam sisir merupakan destinasi wisata baru yang semakin populer di Kaimana. Kolam ini memiliki  air hijau yang sangat bagus. Kolam ini akan memberikan rasa tenang yang akan membuat pengunjung terlelap dan  betah. Banyak wisatawan yang datang memilih untuk kembali ke kolam eksotik ini.

Kolam Sisir di Kaimana

Kolam ini adalah kolam alami yang bagus dengan air bersih dan segar  dari alam. Tempatnya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota sehingga sangat mudah untuk menuju ke tempat tersebut. Harga Tiket: Rp 20.000; Alamat : Kaimana Kota, Kec. Caymana, Tanjung Kaimana, Papua Barat.

3. Pantai Ermun

Berbicara tentang kota Iman yang letaknya persis di sebelah laut, tempat pertama yang harus dikunjungi tentunya. Pantai Ermun terletak di dekat Teluk Triton yang juga merupakan tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki keindahan air  biru jernih  dengan ombak yang tenang.

Pantai Ermun yang Indah di Kaimana 

Di pinggir pantai yang indah ini terdapat simbol berupa batu-batuan yang bentuknya berlubang dan juga melengkung. Wisatawan bisa melakukan aktivitas menarik di sini, mulai dari berenang, menyelam atau snorkeling, dan Anda juga bisa mencoba berperahu.

Pemandangan dari tempat ini saat matahari terbenam atau sunset  juga tidak kalah luar biasa. Pantai pasir putih yang lembut ini menjadi tempat favorit wisatawan yang berlibur di kota Kaimana. Ombak  pantai yang indah ini sangat tenang dan pemandangan sekitarnya juga mendukung suasana damai. Alamat : Saria, Kec. Caymana, Tanjung Kaimana, Papua Barat.

4. Teluk Triton

Setelah menikmati keindahan Pantai Ermun, petualangan selanjutnya adalah Teluk Triton. Teluk Triton  digadang-gadang sebagai replika Raja Ampat. Deretan batu menghiasi tengah laut membuat pengunjung betah dan menikmati keindahan pulau. Selain indah, teluk ini juga dikenal dengan kebersihannya.

Teluk Triton yang Indah di Kaimana

Pemerintah setempat terus berupaya  menjaga kebersihan  Teluk Triton  karena kawasan tersebut merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Kabupaten Kaimana. Tak perlu diragukan lagi keindahan pulau dengan pesona alam  bawah lautnya yang  mempesona.

Karang, ikan, dan  laut jernih memadukan keindahan tak terbantahkan dari tempat ini. Untuk  mengunjungi Teluk Triton, wisatawan bisa naik speedboat dari Pelabuhan Kaimana yang berjarak sekitar satu jam perjalanan.  Harga Tiket: Rp 20.000;. Alamat : Saria, Kec. Caymana, Tanjung Kaimana, Papua Barat.

5. Danau Kamaka       

Setelah mencapai Teluk Triton, sobat penikmat alam juga dapat mengunjungi danau Kamaka yang terletak di kawasan yang sama dengan Teluk Triton,  yang panjangnya mencapai 30 km dan lebar 1 km. Keunikan dari danau ini adalah setiap 8-5 tahun terjadi pasang surut.

Danau Kamaka di Kaimana

Pada saat air danau surut, masyarakat sekitar danau biasanya memanfaatkan daerah dekat danau untuk bercocok tanam, sedangkan pada saat air naik, para petani asli beralih menjadi nelayan yang menangkap ikan dari danau.

Pemandangan indah  danau ini memiliki warna biru yang cocok untuk dijadikan  latar foto. Danau ini juga sangat miris karena banyak terdapat deretan pepohonan di sekitar danau. Untuk mencapai lokasi Danau Kamaka, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 7 km. Harga Tiket: Rp 20.000;. Alamat : Lobo, Kec. Caymana, Tanjung Kaimana, Papua Barat.

6. Wisata Alam KM 14

10 tempat wisata Kaimana salah satunya ialah KM 14, wisata alam KM 14 merupakan tempat piknik keluarga dimana sobat penikmat alam dapat berkemah di tenda dan juga dengan tenda. Adanya pepohonan yang besar dan rindang menjadikan tempat ini sejuk dan asri. Tempat ini sangat lebat sehingga wisatawan bisa mendengar kicauan burung  di sepanjang jalan.

Wisata Alam KM 14 Kaimana

Pemandangan pohon-pohon besar dan kicauan burung di  sekitar hutan menambah kesan romantis,  cocok untuk liburan keluarga. Kekayaan hayati yang ada saat ini menjadi daya tarik wisata alam KM 14 ini. Kawasan hutan lindung ini merupakan tempat bagi satwa.

Wisatawan yang ingin menghabiskan liburan berkemah atau piknik bersama keluarga dapat membawa perlengkapan sendiri, karena tidak tersedia tempat penyewaan camping di wisata alam KM 14. Perlengkapan camping  yang harus dibawa minimal adalah jaket, tenda, logistik makanan, peralatan medis dan alat-alat rekreasi. Harga Tiket: Rp 20.000;. Alamat : Tanggaromi, Kec. Caymana, Tanjung Kaimana, Papua Barat.

7. Tempat Bersejarah Kerajaan Namatota

Namatota adalah desa kecil yang sekarang menjadi tempat wisata sejarah di Kabupaten Kaimana. Tempat ini merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Situs sejarah Kerajaan Namatota berisi makam raja yang pernah memerintah tanah Kaimana. Situs bersejarah ini telah ditata untuk mencerminkan warisan budaya aslinya.

Bangunan Peninggalan Kerajaan Namatota

Kerajaan Namatota yang disebut kerajaan Kowiai merupakan kerajaan Islam pertama di  Papua. Tidak ada bangunan yang mewah dan megah di kerajaan ini, bangunan yang ada hanyalah rumah sederhana yang  masyarakat kenal sebagai rumah adat. Selama Kerajaan Namatota, rumah tradisional digunakan untuk menyimpan perbekalan dan barang berharga. Alamat : Namatota, Kec. Caymana, Tanjung Kaimana, Papua Barat.

8.  Benteng Fort Du Bus

Pertama kali Benteng Fort Du Bus di resmikan pada 24 Agustus 1828. Benteng pertama yang dibangun oleh pemerintah Papua Barat ini merupakan  tempat para prajurit dapat mempertahankan diri dari serangan musuh. Dalam buku sejarah, nama benteng ini diambil dari nama seorang jenderal di Hindia Belanda.

Benteng Fort Du Bus Kaimana

Kunjungan ke tempat bersejarah ini tidak akan lengkap bila sobat penikmat alam tidak datang dan berkunjung ke benteng. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan disini seperti wisata sejarah, kunjungan dan fotografi untuk mengabadikan bangunan yang ada.  Fort Du Bus kini populer di kalangan wisatawan mancanegara. Harga Tiket: Rp 20.000;. Alamat : Lobo, Kec. Caymana, Tanjung Kaimana, Papua Barat.

9. Lukisan  di Dinding Batu

Masih terkait dengan wisata sejarah,  Kabupaten Kaimana memiliki lukisan batu yang diyakini telah ada sejak zaman prasejarah. Berbagai lukisan muncul di dinding batu, seperti lukisan ikan, pohon palem, bunga, dan kapak.

Lukisan di Dinding Batu Kaimana 

Makna kisah lukisan ini masih terus digali. Warna  lukisan ini sendiri adalah kuning dan merah cerah. Pagar batu saat ini tingginya 10 meter dan panjangnya sekitar 1 km. Seperti sebuah galeri, namun  di dalamnya semua orang bisa menikmati keindahan  lukisan yang ada.

Wisatawan harus menggunakan perahu atau speedboat untuk melihat lukisan ini  karena  tidak ada akses masuk. Namun, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang kesini saking sangat ingin melihat lukisan-lukisan di dinding alam ini.  Alamat : Mai Mai, Kec. Caymana, Tanjung Kaimana, Papua Barat.

10. Senja Kaimana

Kaimana dikenal sebagai kota senja, kota yang menyimpan keindahan di kala senja. Keindahan senja ini bisa dinikmati di Senja Kaimana. Pemandangan pantai yang indah dengan deburan ombak dan warna awan yang menarik membuat perpaduan yang sangat apik.

Senja di Kota Kaimana

Tidak sulit untuk mencapai tempat ini, karena menjalan malam hari banyak orang di sepanjang jalan  yang ingin menyaksikan matahari terbenam. Wisatawan bisa berfoto bebas di pinggirang tulisan “Kota Senja Kaimana” yang menjadi kenangan indah di Papua Barat, khususnya di Kabupaten Kaimana.Alamat : Kaimana Kota, Kec. Caymana, Tanjung Kaimana, Papua Barat.

Sobat penikmat alam demikianlah tempat wisata populer untuk dikunjungi  di Kaimana, Papua Barat. Kota romantis ini selalu meninggalkan kesan indah bagi orang-orang yang mengunjunginya. Jangan lupa untuk  menjaga kebersihan selama berlibur untuk melestarikan wisata alam.