Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

18 Wisata Jayapura yang Patut di Kunjungi Para Travel

Papua adalah salah satu dari sekian banyak pesona pasifik yang selalu menjadi primadona. Dari lokasi penambangan hingga pemandangan laut yang eksotis. Sebagai ibu kota, Jayapura tentu memiliki keistimewaan yang tak tertandingi. Banyak pantai hingga taman dan hutan yang layak dikunjungi.

Terdapat banyak variasi topografi wilayah, dari  daratan hingga perbukitan dan pegunungan yang menjulang tinggi. Mengingat keadaan bentang alamnya, tak heran jika banyak sekali tempat wisata yang bisa dinikmati.

Orang disana sangat baik dan terbuka untuk setiap tamu. Anda juga dapat menemukan budaya murni dan hal-hal unik lainnya  di sana. Berikut beberapa tempat wisata di Jayapura yang menarik untuk dijelajahi.

List Wisata Jayapura yang Sangat Kaya dengan Keindahan Alamnya

Sobat penikmat alam dapat melihat beberapa tempat wisata Jayapura yang indah, dapat kalian kunjungi kapanpun untuk menghilangkan kebosanan maupun untuk berekreasi bersama keluarga. di bawah ini adalah sebagian dari berbagai tempat wisata yang ada di Jayapura;

1. Air Terjun Cyklop

Tahukah Anda bahwa ada juga  air terjun bernama Cylop di Jayapura. Itu terletak di pegunungan Cylop. Jalan menuju tujuan agak terjal, jadi Anda harus dalam kondisi prima. Ada bebatuan terjal yang  bisa meluncur saat Anda melewatinya, jadi waspada dan hati-hati.

Namun jangan khawatir, semua perjuangan  yang telah di lakukan ke tempat ini akan terbayar saat sampai di sana. Pemandangan alam yang indah dan rimbunnya pepohonan  yang berpadu dengan bebatuan begitu indah untuk diabadikan. Air yang mengalir dari atas batu juga sangat menyegarkan, cocok untuk menghilangkan rasa lelah tubuh.

Alamat : Sereh, Kecamatan Sentani, Kota Jayapura, Papua.

2. Pantai Tablanusu

Jayapura juga memiliki eksotisme pantai  yang tak kalah dengan wisata bahari kawasan Bali. Tablanusu,  nama situs yang diberikan, terletak di kawasan Depapre.

Jarak  dari pusat kota cukup jauh dibandingkan dengan destinasi lainnya. Namun, tempat ini masih  terjaga dan asri, jauh dari polusi yang menyesakkan dada dan mata.

Harga Tiket: Rp 10.000;

Alamat : Waiya, Entiyebo, Distrik Depapre, Kota Jayapura, Papua.

3. Pantai Pasir Enam

Pantai Pasir Enam terletak di  Jayapura Utara. Tawaran panorama berupa  kehidupan bawah laut yang mempesona dan juga  air pantai yang biru dengan nuansa hijau. Tempat ini tidak begitu terkenal secara publik dan kalangan wisatawan, kawasan ini masih asri dan alami.

Saat berada di sana, Anda bisa menikmati setiap sudut keindahannya. Dari ombak lembut yang memukul-mukul pasir putih hingga berbagai kekayaan bawah laut. Beberapa kegiatan yang dianjurkan adalah snorkeling dan  berenang.

Harga Tiket: Rp 10.000;

Alamat : Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

4. Danau Sentani

Ikon  Jayapura  ini disebut Danau Sentani. Bentang alamnya yang eksotis banyak dikenal oleh wisatawan. Luas laut yang tersaji di hamparan rumput hijau seluas 245 hektar. Suasana alam yang tenang dan juga menyejukkan, cocok untuk menyegarkan pikiran Anda yang sibuk.

Apa saja yang bisa di nikmati  saat berkunjung kesini. Kalau kalian punya orang kenalan bisa berkemah jika Anda ingin bermalam hal ini akan lebih menyenangkan bila pergi ke pulau-pulau yang berada di tengah danau. Bila Anda ingin menonton pertunjukan budaya tradisional datangkan pada bulan agustus dan September biasanya ada festival danau Sentani, Anda juga bisa berpetualang di sekitar danau sentani  Jika Anda mencari habitat alami, Anda pasti akan menemukannya.

Harga Tiket: Rp 10.000;

Alamat : Distrik Sentani, Kota Jayapura, Papua.

5. Puncak Ifar Gunung Ifar

Puncak Ifar gunung juga  dikenal luas sebagai Gunung Mc Arthur. Letaknya berada di ketinggian sekitar 325 m di atas permukaan laut (mdpl). Tempat ini merupakan  bagian dari Pegunungan Syclop di wilayah Sentani. Sebuah peristiwa bersejarah  tak terlupakan oleh masyarakat Papua pernah terjadi di sana.

Pasukan sekutu Amerika dikatakan berada di bawah Jenderal Mc. Arthur membangun pangkalan pertahanan ketika dia berencana menyerang tentara tentara Jepang. Maka dibuatlah sebuah monumen bernama Arthur untuk mengenangnya.

Puncak Ifar saat ini  dikelola langsung oleh pemerintah dan merupakan markas latihan militer Rindam Jaya. Daerah sekitarnya juga dijaga ketat oleh tentara yang bertugas. Namun, Anda  bisa berkunjung tentunya dengan meminta izin khusus sebelum memasuki kawasan tersebut.

Alamat : Hinekombe, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kota Jayapura, Papua.

6.  Imfote atau Danau Love

Bosan dengan suasana kota yang padat dan kebisingan dari pagi hingga malam hari? Apakah Anda memiliki rencana untuk menyenangkan mata Anda? Tidak ada salahnya mengunjungi Danau Imfote. Letaknya yang berada di kawasan Jayapura dan  belum banyak orang yang mengetahui keindahannya.

Dalam perjalanan mata akan disuguhi padang rumput hijau yang indah. Sesampainya di sana, jangan lupa untuk mengambil foto dengan background dengan angle terbaik. Sangat menyenangkan jika  membawa makanan dan minum untuk menikmati disana sambil memadang panorama alam di sekitar danau.

Harga Tiket: Rp 20.000; Peta : Cek Lokasi 

Alamat : Atabar, Kecamatan Ebungfau, Kota Jayapura, Papua.

7. Teluk Youtefa

Bingung mencari tempat peristirahatan? Cek salah satu destinasi paket liburan yang pas di Jayapura Anda bisa langsung ke Teluk Youtefa. Banyak hal menarik untuk Anda nikmati. Mulai dari hutan bakau yang membentang  200 meter dari bibir pantai hingga pasir putih yang indah.

Ini saja tidak bisa menggambarkan  pesona luar biasa yang ditawarkannya. Hal lain yang tak kalah mempesona adalah pantai, hutan dan juga tanjung yang sangat cocok untuk menyegarkan otak dan pemandangan. Kalian tidak akan sia-sia mengunjungi tempat ini karena semua keindahan disini sangat seru apalagi dibingkai oleh  Jembatan Youtefa yang megah.

Alamat : Enggros, Wai Mhorock, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

8. Puncak Kota Jayapura

Menikmati keindahan tanah papua dari atas bukit bisa anda lakukan di salah satu tempat favorit ini yaitu Puncak Kota Jayapura. Bagi yang ingin melihat deretan bangunan yang menghadap ke air laut yang biru bisa datang kesini pada siang hari.

Namun lebih indah dan menakjubkan lagi jika anda berkunjung pada malam hari karena kalian akan melihat cahaya yang bersinar, dibiaskan dengan menawan di sepanjang kota Jayapura. Selain itu, terdapat viewpoint kota Jayapura dari atas.

Daripada merasa bosan tinggal didalam gedung bangunan, sempatkan diri untuk menikmat keindahan alam Jayapura, selain panoramanya disini juga sering beberapa masyarakat menjual makanan ringan yang bisa di konsumsi saat berkunjung.

Alamat : Ardipura, Kabupaten Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua. 

9. Bukit Teletubies

Bukit teletubies atau tungku wiri terletak di kawasan Waibu Jayapura. Akses lokasi ke tempat wisata ini sudah bagus jadi jangan ragu-ragu untuk berkunjung. Panorama alam yang disajikan  tidak semenarik beberapa tempat wisata lokal.

Di puncak bukit teletubies terdapat pemandangan  Danau Sentani yang sangat indah. Selain itu, banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan, termasuk berfoto, karena background yang ditampilkan sangat insta-friendly. Kini telah di bangun sebuah jalan di sepanjang perbukitan sehingga kalian dapat berjalan hingga ke ujungnya sambil berolahraga kaki dan menikmati keindahan alam sekitar danau Sentani.  

Alamat : Doyo Lama, Kecamatan Waibu, Kota Jayapura, Papua.

10. Pantai Harlem

Pantai Harlem dikenal dengan pesona eksotisnya. Ada banyak spot foto terbaik. Selain itu, ekosistem bawah lautnya sangat beragam dan menarik untuk menyelam. Karena ombaknya tenang, sobat penikmat alam bisa berenang di air tawar dengan tepian hijau dan biru.

Harga Tiket: Rp 20.000;

Alamat : Tablasupa, Distrik Depapre, Kota Jayapura, Papua.

11. Pantai Yacoba

Pantai Yacoba memang luar biasa indahnya, namun sayangnya tidak banyak orang yang mengetahuinya. Destinasi wisata bahari ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berwisata ke kawasan Jayapura.

Namun harus sedikit berhati-hati saat berkunjung ke sana, karena jalan masuknya cukup sulit. Pergilah kesana dengan orang yang benar-benar sudah tahu medangnya.  

Alamat : Argapura, Kabupaten Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

12. Desa Skow

Desa Skow merupakan perbatasan antara Indonesia dengan Papua Nugini. Pagar dibangun di sana untuk menandai perbatasan antara dua wilayah. Dalam kondisi seperti itu, Anda dapat melihat pemandangan negara tetangga secara sekilas. Tempat ini juga banyak sekali masyarakat dari PNG berbelanja di pasar perbatasan.

Harga Tiket: Rp 5000;

Alamat : Skow Yambe, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

13. Pantai Amai

Pantai Amai terletak di kawasan Sentani Jayapura, Papua. Memiliki  pantai yang dikelilingi oleh pohon kelapa dan pepohonan hijau. Lautnya jernih dan ombaknya tenang, cocok untuk bersantai saat liburan tiba.

Di sana Anda bisa beristirahat di pantai, menikmati alam  dan melakukan banyak hal lainnya. Ombak yang tenang  dengan birunya air laut menciptakan kombinasi yang indah. Disini para pengunjung dapat berenang di Air Asing dan Tawar yang mengalir dari gunung.

Harga Tiket: Rp 25.000;

Alamat : Tablasupa, Distrik Depapre, Kota Jayapura, Papua.

14. Pantai Kamdera

Pantai Kamdera merupakan destinasi wisata bahari yang letaknya jauh dari  pusat kota Jayapura. Tempatnya tidak terlalu ramai  sehingga masih terlihat alami.

Perjalanan ke tempat itu memakan waktu sekitar  3 jam. Destinasi wisata ini biasanya  ramai hanya saat liburan tiba.

Alamat : Kamdera, Distrik Demta, Kota Jayapura, Papua.

15. Kolam Renang Tirta Mandala

Kolam Renang Tirta Mandala merupakan sarana wisata buatan yang cukup banyak dikunjungi oleh warga setempat. Jam layanan berekreasi di tempat ini pada pagi hari sekitar pukul 08.00. sampai jam 3 sore.

Biaya masuk sekitar Rp 25.000-75.000. Tarifnya tentu cukup terjangkau mengingat lokasinya yang berada di kota.

Harga Tiket: Rp 25.000;

Alamat : Jl. Samudera No. 42, Mandala, Kabupaten Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

16. Pantai Base-G

Pantai Base-G merupakan salah satu tempat terfavorit  masyarakat sekitar Jayapura. Nama lain  tempat ini adalah pantai Tanjung ria karena letaknya di kawasan ini. Di sana Anda bisa menikmati berbagai momen alam yang indah, seperti sunset dan sunrise.

Banyak kegiatan yang dapat dinikmati seperti berenang, menyelam dan memancing. Kalau mau santai di atas kapal juga bisa jadi kalau mau rasakan hal-hal ini secara langsung sobat penikmat alam bisa langsung datang.

Harga tiket : Rp 10000;  

Alamat : Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

17. Pantai Holtekamp

Untuk rekomendasi wisata pantai alternatif  di Jayapura, Holtekamp adalah tempatnya. Selain  pemandangannya yang  indah, salah satu atraksi terpentingnya adalah alamnya yang eksotis.

Tentu sangat menyenangkan menyaksikan goyangan pohon kelapa menikmati deburan ombak yang indah. Pasir putihnya bersih dan terawat. Terlihat menarik saat diambil bersama untuk pemotretan yang bermakna.

Harga Tiket: Rp 20.000;

Alamat : Holtekam, Kecamatan Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

18. Kali Biru Genyem

Wisata Jayapura yang satu ini adalah kali Biru Gayem belum banyak diketahui keberadaan dan namanya di kalangan sebagian besar wisatawan. Tempatnya sangat jauh dari  pusat kota. Airnya berwarna biru muda sehingga terlihat segar. Anda akan  senang tinggal di sana. Masyarakat setempat telah menyediakan tempat lompat dan alat berenang sederhana lainnya disini.

Harga Tiket: Rp 10.000;

Alamat : Berab, Kecamatan Nimbokrang, Kota Jayapura, Papua.


Penutup

Sobat penikmat alam sekalian Ini adalah daftar  tempat wisata populer di Jayapura untuk referensi bagi kalian yang suka berwisata. Tentu saja masih banyak tempat yang belum dimasukan kedalam list diatas namun paliing tidak kalian dapat membaca sebagian dari tempat wisata yang sering dikunjungi. Tidak heran jika menjadi  tujuan wisatawan mancanegara maupun domestik karena keindahan alamnya yang memang berbedah.