Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Air Terjun Ubadari Fak-Fak Sangat Indah, Harus di Kunjungi

Air Terjun Ubadari merupakan salah satu objek wisata  air terjun alami yang terletak di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, dengan keunikan aliran air yang menyerupai anak tangga. Air terjun desa Ubadari  masih jarang dikunjungi wisatawan. Namun melihat keindahan  tempat ini, ternyata memiliki potensi wisata yang sangat menarik.


Air Terjun Ubadari Fak-Fak Papua Barat

Air terjun ini juga dikenal oleh masyarakat setempat sebagai air terjun Bidadari karena aliran airnya menuruni bebatuan berbentuk anak tangga dengan sangat tenang. Selain itu, suasana di sekitar air terjun juga ditumbuhi tanaman pala yang sangat rindang, sehingga keteduhannya sangat asri dan terlihat alami.

Untuk lebih mengenal Air Terjun Ubadari, berikut kami berikan beberapa informasi mengenai objek wisata, alamat, rute, tarif dan layanan yang ditawarkan di kawasan wisata ini.

Daya Tarik  Air Terjun Ubadari

1. Air Terjun Bertangga

Berbeda dengan air terjun yang biasanya curam, Air Terjun Ubadari  sangat pendek, mirip tangga. Begitu Anda  berada di tempat ini, Anda tidak akan menemukan air terjun di atas tebing yang tinggi. Tapi ada sungai dengan batu sebagai tangga.

Jadi bisa dikatakan jika berkunjung ke sini lebih aman baik orang tua maupun anak-anak  untuk bermain air dan menikmati wisata air terjun yang indah ini. Air yang mengalir di sungai ini juga sangat dangkal, sehingga wisatawan bisa berendam dan bermain air dengan nyaman dan tenang.

2. Suasana alam yang asri

Kawasan di sekitar air terjun  masih sangat asri dan alami karena  banyak pohon pala Fakfak yang rindang tumbuh di sana. Selain itu, air terjun yang indah ini juga dikelilingi oleh hutan hujan tropis  Papua Barat. Bahkan di musim kemarau, air  di sungai ini tetap deras. Karena  sungai ini tidak hanya memiliki satu sumber.

3. Istirahat

Karena  kondisi alam yang masih sangat asri dan belum di sentuh membuat alam sekitar sini tenang dan damai. Maka ketika datang ke Air Terjun Ubadar banyak wisatawan yang ingin merasakan santai dengan nuansa alam yang tenang dan damai.

Wisatawan dapat duduk santai di tepian sungai, di bebatuan atau di salah satu menara pengawas yang dibangun oleh masyarakat setempat di tepian dan di tengah sungai. Sembari bersantai, wisatawan dapat merasakan udara  segar, suasana tenang dan damai  diiringi  suara gemericik air  sungai dan air yang jatuh dari air terjun.

Alamat, Lokasi Rute  dan Harga 

Jika Anda  tertarik untuk menikmati Air Terjun Ubadari,  Anda harus datang ke Desa Ubadari yang terletak di Kecamatan Kramomongga yang merupakan bagian dari Kabupaten Fakfak di Papua Barat.

Jika Anda datang dari pusat Kota Fakfak untuk menuju tempat air terjun yang indah dan unik ini, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan  kendaraan roda dua atau empat. Dalam perjalanan menuju  air terjun  di desa Ubadari  di wilayah Kramonga ini, Anda bisa menikmati pemandangan  hutan hujan tropis pegunungan Mbaham.

Tiket masuk  Air Terjun Ubadari sangat murah dan terjangkau, sekitar Rp 5000 per pengunjung. Dengan  tiket masuk yang terjangkau ini, wisatawan bisa menikmati suasana alam yang sangat menenangkan. Jam buka dari jam 8:00 pagi. sampai jam 6:00 sore.

Aktivitas Menarik  di Air Terjun

1. Bermain  dan Berenang di Air

Tempat wisata air seperti air terjun tentunya belum lengkap rasanya jika  sobat penikmat alam tidak basah-basahan. Termasuk  Air Terjun Ubadari, banyak wisatawan  menghabiskan liburannya di air dan berenang di sekitar air terjun dan sungai.

Pengunjung di Air Terjun Ubadari

Uniknya di kawasan wisata Ubadari pengunjung merasa aman  bermain  dan berenang di air. Karena aliran sungai di sini sangat tenang dan tidak dalam,  wisatawan bisa leluasa bermain  dan berenang di air tempat ini.

Jadi jika Anda  ingin berkunjung ke sini, pastikan untuk membawa pakaian. Karena di tempat ini tidak mungkin  melewatkan  kesegaran air  sungai yang jernih.

2. Menikmati keindahan alam

Jika  tidak ingin berenang, menikmati pemandangan alam  hutan sekitar, sungai dan air terjun yang indah adalah pilihan yang tepat. Anda bisa bersantai di salah satu gazebo yang disiapkan oleh operator tur, yang merupakan tempat yang tepat untuk bersantai. Duduk nyaman di villa, sobat penikmat alam juga bisa  makan dan minum  yang dibawa dari rumah. Jadi bisa dibilang Anda dan keluarga bisa piknik di kawasan wisata Ubadari yang memiliki suasana air terjun yang sangat mempesona.

3. Berburu Foto

Saat berada di air terjun unik di kawasan Kramomongga, belum lengkap rasanya tanpa mengabadikan momen terbaik selama berada di sana. Ada beberapa spot foto  menarik  di Air Terjun Ubadari.

Di tempat ini anda bisa berfoto sambil berenang di bawah air terjun, berfoto di jembatan dengan background air terjun, berfoto di gazebo dan berfoto di bebatuan  dekat air terjun. Setelah sobat penikmat alam memiliki foto yang bagus dengan latar belakang  air terjun bertingkat, Anda dapat langsung membagikannya di jejaring sosial media.

Jadi jika Anda membagikan foto-foro Anda di media sosial, Anda juga akan membantu Air terjun Ubadari lebih dikenal  masyarakat luas. Bahwa ada sebuah wisata alam di kawasan Fakfak yang sangat indah dan wajib  dikunjungi saat liburan. 

Fasilitas di Air Terjun

Ubadari cukup lengkap yaitu terdapat toilet umum,  mushola,  tempat istirahat dan  jalan setapak yang dapat diakses dengan kendaraan bermotor.

Gazebo tempat ini menjadi tempat favorit wisatawan karena di gazebo ini wisatawan bisa bersantai  menikmati pemandangan dan suasana alam yang sangat tenang dan damai. Selain itu, wisatawan muslim tidak perlu khawatir dengan datangnya waktu sholat, karena sudah tersedia mushola yang bisa digunakan untuk beribadah.

Wisatawan yang ingin bersantap atau menikmati kuliner  di dekat tempat wisata, sayangnya tidak bisa melakukannya di sini. Karena pada saat hari libur atau  saat tempat sedang ramai saja biasanya ada pedagang  di daerah tersebut.

Jadi sebaiknya  membawa  makanan dan minuman sendiri dari rumah jika ingin mengunjungi kawasan air terjun yang indah ini. Tapi selalu ingat tidak boleh membuang sampah di sembarang tempat. Selalu membuang pada tempat yang telah di sediakan.

Inilah gambaran pesona dan daya tarik air terjun Ubadar di Kabupaten Fakfak. Semoga sobat penikmat dapat juga akan berkunjung kesini ya!